You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan NGENTAKREJO

Kap. Lendah, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta

Mekanisme Membuat e-KTP Baru


Sebelum membuat e-KTP, Anda harus mengetahui apa syarat dan perlengkapan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah syarat-syarat membuat e-KTP :

  1. Berusia 17 tahun
  2. Fotocopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Fotocopy Akta Kelahiran
  4. Surat Pengantar dari Desa/Kelurahan

Tata Cara Membuat e-KTP

Untuk membuat e-KTP khususnya di Wilayah Desa Ngentakrejo adalah sebagi berikut :

  1. Mempersiapkan syarat-syarat

Pastikan pemohon berusia minimal 17 tahun di hari pembuatan e-KTP. Pemohon mempersiapkan berkas-berkas yang harus dibawa sebagai syarat membuat e-KTP. Berkas yang harus disiapkan adalah fotokopi akta kelahiran dan fotokopi kartu keluarga.

  1. Datang ke Kantor Desa Untuk Meminta Surat Pengantar

Dengan membawa berkas-berkas tersebut di atas pemohon kemudian bisa langsung berangkat ke kantor Desa setempat untuk meminta surat pengantar. Pemohon lansung menuju di bagian pelayanan. Jika diminta untuk mengambil nomor antrian, silahkan ambil nomor antrian, jika tidak langsung saja ke bagian pelayanan dan mengatakan maksud tujuan datang ke kantor Desa dalam hal ini adalah surat pengantar permohonan e-KTP. Ketika sudah mendapat surat pengantar, pemohon jangan langsung pergi meninggalkan Kantor Desa. Periksa terlebih dahulu surat pengantar yang diperoleh oleh pemohon dan pastikan data-data yang tertulis adalah benar. Ketika sudah dipastikan benar, pemohon boleh meninggalkan Kantor Desa untuk langsung menuju ke Kecamatan.

  1. Datang ke kecamatan untuk rekam e-KTP dan cetak e-KTP

Sampai di kecamatan pemohon lansung menuju di bagian pelayanan. Jika diminta untuk mengambil nomor antrian, silahkan ambil nomor antrian, jika tidak langsung saja ke bagian pelayanan dan mengatakan maksud tujuan untuk permohonan membuat e-KTP sekaligus menyerahkan berkas [ersyaratan yang dibawa. Setelah masuk antriannya pemohon diminta untuk rekam e-KTP. Jika sudah selesai, pemohon bias langsung mendapat e-KTP jika pada waktu itu e-KTP pemohon bias langsung dicetak. Misalnya e-KTP pemohon belum bias langsung dicetak, pemohon akan diberikan selembar kertas pengganti e-KTP untuk mengambil e-KTP di MInggu selanjutnya. Jika blangko e-KTP sedang kosong waktu tunggu bias lebih dari 1 minggu.

Bagikan artikel ini: