You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan NGENTAKREJO

Kap. Lendah, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta

PELATIHAN PERAWATAN JENAZAH


IMG_20190725_113910

Ngentakrejo – Pemerintah Desa Ngentakrejo mengadakan pelatihan perawatan jenazah. Pelatihan dilaksanakan pada hari kamis 25 Juli 2019 pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Kasi Kemasyarakatan, Bapak Tri Tugiyatna di Gedung Pertemuan Desa Ngentakrejo.

Karena kurangnya pengetahuan tentang perawatan jenazah, khususnya bagi kaum perempuan, pemerintah desa mengadakan pelatihan perawatan jemazah. Pelatihan tersebut mengundang narasumber dari PKU Muhammadiyah dan dihadiri perwakilan perempuan dan kaum rois di setiap pedukuhan di Desa Ngentakrejo.

Beberapa hal yang disampaikan pada pelatihan tersebut meliputi memandikan jenazah, mengkafani jenazah dan lain-lain. Yang berbeda dar pelatihan ini adalah dibahas juga cara-cara menanggulangi agar terhindar dari resiko tertularnya infeksi, sehingga perlu adanya alat perlindungan diri secara professional agar terhindar dari infeksi. Selain itu juga disampaikan bagaimana cara mengangkat jenazah perempuan bagi kaum perempuan. Karena banyak kaum perempuan yang tidak kuat untuk mengangkat jenazah perempuan sehingga kebanyakan meminta kepada kaum laki-laki. Serta disampaikan juga bagaimana mengkafani jenazah dengan berat badan lebih dari 100 kg.

Peserta pelatihan sangat antusia mengikuti rangkaian pelatihan merawat jenazah, baik dalam praktik dan mendengarkan materi. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta dapat berkonstribusi di lingkungan masing-masing.

   

 

Bagikan artikel ini: